Sunday, April 1, 2012

me and Chondromalacia....




Chondromalacia itu apaan ya,Kar ?

Berhubung gue gak doyan copy paste di blog gue ini,lebih baik kalian baca sendiri di sini ya...

Oke Kar,gue udah baca...trus kenapa lo tulis tentang penyakit itu disini ?

karena gue menderita penyakit tersebut..... :')

Seriusan ? kok bisa ?

Gue lupa dan bahkan gak pernah ngerti secara teknis tentang gimana gue bisa kena penyakit itu, sebenernya sih ini bisa dibilang nyambung sama artikel gue di bulan desember lalu yaitu haven't heard "recuperate" statement part 1 dan part 2 tapi di kedua artikel itu emang gue terlalu berbelit dan bikin orang males baca. yang jelas disitu gue udah cerita tentang sakit yang gue derita di lutut kanan dan kiri gue.


di kedua artikel itu juga gue tuliskan bahwa penyakit gue belum jelas apa,dan sekarang udah jelas tuh kalo gue kena Chondromalacia.

Terus gimana ? bisa sembuh ?



Sebenernya bisa dan gue juga HARUS bisa ! tapi kalo boleh cerita lagi nih...jadi di bulan Januari 2012 kemarin,gue  kontrol ke dokter tulang yang menangani gue dari awal penyembuhan (sekitar bulan Maret 2011) dan gue mengeluhkan bahwa sampai saat itu,lutut gue masih sakit tapi gak separah pas bulan Desember 2011. Saat itu beliau agak bingung dan berkata bahwa biasanya para pasien Chondromalacia lain itu jarang yang se-lama gue,meskipun yang se-lama atau lebih lama dari gue pun memang ada. Disitulah beliau sudah mengambil kesimpulan bahwa meskipun membaik,tetapi Chondromalacia yang gue derita termasuk parah(tidak ringan) dan beliau memberi semacam obat pain killer yang hanya boleh diminum jika sakitnya luar biasa,gak boleh keseringan karena bisa mengakibatkan ginjal dan liver terganggu. Beliau pun menyuruh gue untuk kembali lagi dalam waktu 3 bulan.

Kebanyakan prolog lo,Kar ! To the point donggg aaahhh.........

Iya-iya maap,nahhhh....dalam 3 bulan tersebut lah gue masih sering kesakitan. Terutama kalo gue udah duduk kelamaan,bonceng motor dikala macetnya Jakarta. Bahkan,terkadang sakitnya itu luar biasa,pernah beberapa kali kalo kena sentuhan dari luar aja sakit banget.. gue kembali lagi kemarin,tanggal 31 Maret 2012.
Jawaban dari Pak Dokter bukan jawaban yang membahagiakan...

"Waduh...ini sih kamu penyakitnya langka,malah udah bisa digolongkan ke dalam penderita Allo.....(asli gue lupa nama ilmiahnya,barusan search di google pun gak ketemu,maap yaaaa) ini bisa seumur hidup nih kalo emang gak kunjung sembuh"

beliau juga memberi penjelasan ini,

"Emang sih,ini penyakit gak membahayakan jiwa atau nyawa...tapi yaaa cukup mengganggu..mengganggu banget apalagi buat kegiatan sehari-hari dan memang ada penderita yang gak sembuh dan mengalami ini seumur hidup,yang berarti memang karena kelainan. Dimana orang lain gak merasa sakit,tapi penderita ini merasa sakit...termasuk kelainan dalam sensitivitas lututnya juga. Ini penyakit yang kalo dicari gak akan ketemu apa-apa,termasuk di rontgen dan lain-lain ya gak akan ketemu apa-apa,tapi yaaaa penderita merasa sakit  yang akan mengganggu mereka"

Tetapi beliau memberi penanganan ini,

"Oke gini aja,ini ada obat yang gak bahaya...kalo pain killer yang kemarin kan bahaya buat ginjal,liver dan organ-organ lain...kalau obat yang ini termasuk obat aman,tetapi harus diminum jangka panjang...beberapa pasien saya merasa membaik setelah minum obat ini,kita coba dulu aja ya dari yang ringan dulu,yang 50 mg. Kita lihat lagi perkembangan dan efek obat ini dalam 3 minggu. Kalo gak kunjung sembuh,terpaksa harus coba MRI kaki"

Waduh.....serem juga ya,Kar kalo sampe seumur idup...

Bukan serem lagi :''( ini bakal ganggu banget-bangetan ! amit-amit kalo sampe seumur idup ya Allah...
ini bakal ganggu psikis juga loh...sakitnya kan emang gak membahayakan nyawa,dan orang awam akan melihat gue bahwa gue baik-baik aja. Tapi kalo sampe ada yang butuh bantuan dan gue ga bisa bantu ?? emangnya gue gak akan merasa useless ?!? apalagi gue juga gapunya bukti dan penyakit ini emang gak bisa dibuktiin kan....gak menutup kemungkinan kan buat ada orang yang gak percaya atau anggep gue bohong ??
dan gue mesti gimana buat aktivitas sehari-hari ? karena selama ini penyakitnya kadang-kadang muncul,kadang-kadang enggak...
kalo udah sakit,sakit banget..kalo lagi gak sakit,ya kayak gak ada apa-apa aja gitu.

Please buat readers yang baca tulisan gue ini,gue mohon banget doa dari kalian :( gue bener-bener pengen sembuh....karena dari kecil gue adalah anak yang gak bisa diem,jadi penyakit ini bener-bener mengganggu gue...

Terimakasih teman-teman :) salam cihuy dari Karina :D

*sumber gambar : sacrededenblog.com

15 comments:

  1. Insya Allah aku do'a in Karina. (boleh ku panggil begitu?)
    Klo boleh tau, kenapa bisa kena penyakit ini?

    Semangat Karina!! Pasti kamu bisa. (Maaf klo kelihatannya memberi semangatnya kurang kelihatan semangat) ^^;

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya panggil aja karina :)
      wah kalo masalah "kenapa" nya saya sendiri masih gak ngerti tuh...
      penyakitnya emang bikin bingung hehe..

      trimakasih yaaa untuk support dan doanya :)

      Delete
  2. bikin penasaran aja deh.... apa tuh penyakit hhmmm

    ke TKP ah

    ReplyDelete
  3. penyakit cedera atau kerusakan tulang rawan (kebanyakan pada lutut) ini memang sangat mengganggu dan terasa sakit, sebaiknya tidak melakukan aktifitas yang terlalu berat..mungkin bila terlanjur stadiumnya meningkat bisa dilakukan pembedahan untuk mengatasi-nya, karena kalau hanya bergantung pada obat pereda rasa sakit..itu efek jangka panjangnya sangat tidak bagus untuk ginjal,
    semoga cepat sehat kembali seperti sedia kala

    ReplyDelete
    Replies
    1. aktifitas berat itu misalnya apa ya? saya sudah vakum olahraga aikido yg dulu saya ikuti...tp ga kunjung membaik..
      wah kalo sampe dibedah itu menakutkan banget ya :'''( amit2...

      Delete
    2. Penyakit ini jadi bisa sembuh 100% seperti semula nya bagaimana caranya?

      Delete
  4. Semangat ya karina, Allah selalu memulihkan umat-Nya yang bersyukur dan memohon pada-Nya. Salam kenal, xoxo.

    ReplyDelete
  5. Tulisannya keren, semacam Prologue gitu :D Positif thinking ya! soalnya itu bisa membantu proses penyembuhan juga (Placebo)
    Untung aku kalau Olahraga nggak sering sampai capek banget, Kunjungi Blogku juga ya http://jurnalkeren.blogspot.com #VolpenBlogWalking

    ReplyDelete
  6. hai karina... salam kenal...
    aku juga penderita chondromalacia. ternyata nyeri ringan yang aku abaikan mulai th 2010, rasa sakit yg muncul dan hilang sampai awal 2012 dan karena semakin sakit akhirnya periksa ke dokter ortopedi , di rontgen (hasilnya nothing), MRI (ada erosi patella),baru ketahuan kalo chondromalacia.
    sayangnya sekarang sakitnya semakin menjadi, walau sudah pake 3 macem obat dokter, fisioterapi dan pengobatan tradisional.

    sedih pasti rasanya, aktivitas terhambat, dan sedih ketika temen2 ngeremehin atau ngeledekin dengan candaan dikatain rematik lah, asam urat lah (FYI I'm 24th years old).
    aku juga sama kayak kamu..divonis dokter kalo ini udah bawaan dari sananya, bukan krn faktor apa2.

    btw, kalo ada info2 penting ttg pengobatan dan sejenisnya, boleh kan bagi2.. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ajeng dan Karina,
      Kalo dibilang bawaan dari sana nya rada ga make sense ya, karena sakitnya kan bukan dari lahir.
      Aku jg sakit lutut nih, dan sepertinya jg chondromalacia. Sakit pada saat jongkok, naik turun tangga, stgh jongkok apa lagi.
      Sudah sakit semenjak 2 thn lalu dan aku jg biarin aja, makin lama koq kyknya makin jadi.
      Lalu February 2012 aku periksa ke dokter orthopedic di Singapore, cuma dibilang otot nya lemah, jadi harus therapy dan rajin exercise otot, jadi otot nya tumbuh. Aku jg ga percaya 100% karena pengen tahu adakah pasien yang sdh pernah mengalami dan sembuh atau tidak.

      Saya udah research mengenai penyakit ini, memang kebanyakan diderita oleh kaum wanita pada usia muda sekitar 20-35thn.
      Pada saat saya kontrol di Singapore, malah tidak disuruh MRI dan tidak dikasih obat.


      Kalau ada info boleh nih bagi2.

      Thanks

      -Shierly-

      Delete
    2. Hai Shierly,,,
      maaf baru respon baru buka lagi blog nya karina.
      Kamu gimana kabar shierly?
      Anyway karina juga gmn kabarnya ya?
      Total aku udah 1,5 tahun nih sakitnya. Bad news nya belum sembuh juga, malah menjadi. Udah minta second opinion ke beberapa dokter (kalo banyak udah bukan second lagi kali ya, malah sixth, haha..)
      3 dari 6 dokter itu bilang harus operasi, artrhoscopy lutut.
      Sekarang aku berobatnya ke dr.Andri MT Lubis,SpOT di RS Eka BSD, beliau bilang harus operasi.
      Tapi aku masih bingung, karena biaya arthroscopy itu kan nggak murah, apalagi aku disuruh operasi kedua lututku.
      Kamu udah ke dokter mana aja shierly?

      Delete
    3. hai ajeng dan shierly, aku ga bisa buka blog ku yang ini lagi karna bener2 lupa password nya.. apakabar kalian ? aku sejauh ini juga belom sembuh dan malah ga lanjut recovery apa2 lagi nih karna sibuk kuliah..
      terakhir sih nyoba ke dr spesialis syaraf cuma dikasih hexilon aja.. tapi sakitnya udah ga se luar biasa dulu :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete