Friday, February 3, 2012

TEORI vs PRAKTEK ?!???!?

Helloooo everyone... :) (asik banget nyapa nya macem blogger yang udah terkenal di dunia gitu ya,tapi amin deh)

Ini pagi-pagi gue udah gatel pengen nulis nih gak tau kenapa,tiba-tiba terlintas aja gitu di otak gue...kalo sampai detik ini,di usia gue yang akan menginjak angka 19 di tahun 2012 ini,gue itu belum menghasilkan apa-apa yang worth it untuk dunia ini ! (apasih gue daritadi bawa-bawa dunia terus,ngarep terkenal banget kayaknya..haha)
Oke kita realita dulu lah gak usah bawa-bawa dunia dulu,dari hal kecil aja deh...di dalam lingkup keluarga dulu,kayaknya(bukan kayaknya sih,emang kenyataan) kalau gue belum pernah membanggakan nyokap gue...
sedih rasanya *aih mellooowww* liat temen-temen gue udah pada selangkah lebih maju,gue ngerasa gue stuck banget..ngerasa hidup gue begini-begini aja.

Setiap lagi reunian teman-teman SD,SMP,SMA atau ketemu teman-teman lama atau orang-orang yang pernah kenal gue...pasti dan akan selalu terdengar kalimat ini,

"Ya ampun,Kar...Kar...lo dari dulu sama aja ya gak berubah-berubah hahahaha"
atau....

"Nih anak gak ada bedanya ya,tuh rambut masihhh aja begitu...badan juga masih aja bantet hahahhaha"

itu hanya salah satu(salah dua deng ya kan ada 2 tuh) contoh kalimat yang SELALU gue dapatkan dari orang-orang entah dari kalangan (preeet) mana aja,maksudnya teman,keluarga,atau mungkin mantan pacar(ciecieee) hahaha...2 contoh yang gue tuliskan diatas itu adalah 2 dari 2 sudut pandang yang berbeda. Yang pertama adalah kalimat untuk menggambarkan sifat gue,yang kedua dimaksudkan untuk penampilan gue...
Gue bingung,gue harusnya bangga dengan diri gue sendiri yang emang ya inilah gue begini...atau harusnya malu karena hidup gue gak ada perubahan.

Gue tau jawabannya,gue tau...semua orang akan menjawab, "Setiap orang harus berubah untuk menjadi lebih baik,dan tinggalkan yang buruk...jangan berubah untuk menjadi yang lebih buruk,jika ada teman-teman yang berubah menjadi lebih buruk,ya jangan ditiru" 
betul kan ?!? Nah itu gue tau jawabannya,kenapa gue mesti ribet nanya dengan cerita panjang lebar tentang hidup gue coba !

Kenapa gue bertanya ?!??!! KARENA,hidup ini memang terlalu banyak TEORI !!! gue bisa menjawab pertanyaan gue tersebut,tapi bisakah gue menjalaninya ??????

"Gue mau kurus,gue mau diet"
apa yang gue lakukan ? gue buka-buka artikel tentang pola makan,tentang olahraga yang membuat perut kecil,dan sebagainya...gue duduk,selonjoran di sofa sambil baca artikel itu dengan iringan angguk-angguk kepala gue secara perlahan sok ngerti akan artikel-artikel tersebut. Tapi apa gue menyempatkan diri untuk menengok sebentar aja ke arah jarum jam yang terus bergerak perlahan ? enggak ! Berapa waktu yang udah gue habiskan untuk membaca dan sekedar membaca artikel diet tersebut? dan apa keesokan harinya gue melaksanakan apa yang telah gue baca ? BELUM TENTU.
Dan apa gue sekarang menjadi sangat paham akan kalori-kalori pada makanan?paham tentang proses pembakaran lemak di tubuh? tentang mana olahraga yang benar dan salah? cara diet yang benar dan yang salah? jawabannya GUE PAHAM.

"Gue mau skill bermain gitar gue bertambah"
apa yang gue lakukan? menonton video-video gitar klasik dengan harapan semangat gue yang udah pudar akan kembali menebal setelah menonton video itu...buka 1 lagu,lagu lagu lain meledek gue untuk membuka mereka di tab baru...1 video berdurasi sekitar 5 menit,dan berapa lagu yang gue tonton ? berarti...berapa waktu yang udah gue habiskan hanya untuk menonton video yang gak bisa kasih jaminan skill gue akan bertambah jika hanya menonton mereka..
lalu...meng-contact teman-teman lama seperguruan yang gue pandang mereka udah lebih berhasil dalam gitarnya dibanding gue...mengajak latihan bareng,brain storming,dll...lagi-lagi waktu gue habiskan buat ngobrol yang pasti ada embel-embel nanya kabar dan yang lainlain kan ya namanya juga ngobrol sama temen lama.
Habis selesai akan hal-hal diatas,apa gue langsung memainkan gitar gue untuk fingering atau mengasah skill ? BELUM TENTU !
tetapi,jika ada orang awam yang minta gue ajarin gitar tentang teori-teori awal dan gimana-gimananya,apa gue bisa kasih advice ? jawabannya GUE BISA.

oke guys,kayaknya 2 contoh aja cukup ya untuk menggambarkan hidup gue yang terlalu banyak teori tapi nihil akan prakteknya...itu hanya 2 contoh,kalian akan bosan kalau gue ceritakan satu per satu dan hanya membahas itu-itu aja. Gue rasa 2 contoh diatas itu juga cukup untuk memberi masukkan dan renungan gimana kita harus jalanin hidup, jangan sampai waktu kalian terbuang sia-sia...waktu itu berharga dan mahal banget lohhh...
dan gue menuliskan ini dengan harapan bahwa gue akan tersadar dan segera berubah untuk hidup gue,nah......buat mengakhiri tulisan gue kali ini kayaknya lebih asik ditutup dengan kalimat-kalimat yang sesuai dengan topik yang gue tulis kali ini ya..
Di tulisan kali ini,gue banyak memberi advice dan opini positif tentang menjalani hidup...dari cara menghargai waktu,dan beberapa warning kecil lainnya. Buat para pembaca,mungkin beberapa akan introspeksi atau memberi your own opinion...tapi setelah gue menuliskan ini,akankah gue berubah untuk hidup lebih gak monotone ? akankah gue berubah untuk lebih banyak praktek daripada teori ? akankah gue lebih menghargai waktu ?? hahahaaa....apa jawabannya pemirsaaaaa??? BELUM TENTUUUU !!!!! tapi semoga dan harus meskipun perlahan,haha aminnnn..

Have a nice day,everyone :) salam cihuy dari Karina sang penulis

2 comments:

  1. "Gue mau skill bermain gitar gue bertambah"
    Kl masalah paragraf lu yg itu gua kurang setuju kar, nonton video gitar banyak manfaatnya juga, les gitar kan mahal , daripada bayar beratus2 ribu buat sejam , mendingan cari part di internet, nonton video org yg main lagu itu di youtube. Lu kan jadi bisa liat penjariannya, dinamikanya, video itu bisa jadi referensi ,acuan buat gimana lagu itu seharusnya terdengar, jadi lu latihan sebuah lagu ada tujuan, yaitu sampe sama, seperfect yang di video tersebut. Kl gua udh tobat morotin ortu, bljr dari video justru jadi vital. Kan banyak video rekaman pemain gitar klasik yg close up jadi gampang dipelajari. Gua saranin cek Xuefei Yang, lebih cakep dari Anna hahaha. Cavatina versi Xuefei juga menurut gua jauh lebih bagus dari versi Anna. Video2nya Xuefei bisa lu jadiin acuan.Emang belajar dari video ga seefektif ngeles, tapi menghemat 300-500ribu lemayan lah.

    tl;dr
    Di dunia ini tidak ada yang sia-sia, Semua hal yang dilakukan manusia ada hasilnya, ada yang membawa kemajuan dan ada yang membawa kehancuran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya makasi ya :) ya kalo abis nonton trus latihan sih bagus ya kalo gue abis nonton,tidur haha mimpi aja

      makasi banyak ya komennya :)

      Delete